Rabu, 08 Juni 2011

Langkah awal memulai usaha mandiri



Langkah awal memulai usaha mandiri

Usaha mandiri menjadi salah satu alternatif terbail mendapatkan sumber penghasilan saat ini. Kesadaran bahwa tidak bisa menggantungkan hidup dari bekerja, menjadikan geliat bisnis semakin bergairah.

Sayangnya masih banyak orang yang memulai bisnis dengan cara yang kurang tepat. Seperti kurangnya kejelian atau ketelitian. dan akibatnya bisa merugikan diri sendiri.


Di sini saya ada beberapa tip untuk memulai sebua usaha yang saya ambil dari beberapa sumber :

1 - Pengamatan dan pendalaman usaha

Sebelum memulai usaha. Anda harus meneliti dulu seluk beluk jenis usaha?, baik buruknya usaha yang akan anda jalankan?, dimana anda akan mendapatkan bahan bakunya?, bagaimana memproduksinya agar efisien?, Siapa calon konsumennya? Di mana anda akan memasarkan dan penjualan hasil produk? Bagaiman pola pemasaran dan penjualannya?

2  - Lakukan uji joba dengan tes pasar

Manfaat uji coba pasar untuk mendapatkan upan balik terhadap calon konsumen  tentang produk yang di tawarkan, misalnya anda membuat kue, sebelum di jual, cobalah berikan gratis dalam jumlah terbatas kepada tetangga dan lingkungan sekitar. Mintalah pendapat mereka tentang produk yang anda buat. Enakka? Kerang manis atau bentuknya kurang menarikkah? Jadikan keritikan dan saran sebagai masukan berharga agar saat siap di luncurkan produk anda bena-benar berkualitas.

3 - Susun rencana usaha

Perencanaan bisa mancakup antara lain proses produksi, nama produk packaging produk jalur distribusi yang di pilih, modal tambahan, orang – orang yang akan di ajak bekerja sama, baik sebagai penanam modal, pegawai, maupun penyalur produk.

4 - Segerah memulainya

Ketika anda sudah yakin 100% segeralah memulai susaha anda. dengan memulai usaha sesegera mungkin anda bisa mendapatkan pelajaran berharga untu dipergunakan memperbaiki usaha secara sistematis

5 - Hadapi dan atasi hambatan 

Tidak ada seorangpun yang berhasil tanpa hambatan (kegagalan) dalam perjalanan bisnisnya. Anda harus berfikir positif, bahwa apapun yang terjadi pasti terbaik untuk anda. hambatan dan kegagalan merupakan pelajaran berharga agar perencanaan dan strategi kedepan lebih matang. Setiap usaha selalu berisiko dan dila itu terjadi hadapi dengan kepala dingin

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar