Rabu, 15 Juni 2011






CARA KERJA AC MOBIL          

Air conditioner, yang di singkat AC, selain sebagai pemberi kenyamanan didalam kabin mobil ternyata berfungsi pula sebagai mengusir kabut pada kaca depan mobil saat hujan.

           Dari fungsi itu semua banyak dari pengguna perangkat tersebut tidak mengetahui cara kerja serta komponen yang ada pada alat pendingin tersebut. hal ini kami ulas pada rubric tip dan trik kali ini.

Pada dasarnya freon itu berwujud cair yang pada saat AC di hidupkan di pompa oleh kompresor. Freon yang bersuhu rendah tersebut kemudian di salurkan ke Evaporator (yang mengubah wujud Freon menjadi gas) melalui expansion valve. Proses inilah yang menyerap panas dalam kabin yang di bantu oleh kipas yang di sebut blower. Karena di bantu oleh blower, selain menyerap panas dalam proses tersebut yang di rasakan oleh kita adalah udara dingin. 

Lalu kemanakah udara panas itu disalurkan?  Freon yang sudah berubah wujud menjadi gas dan bersuhu tinggi tersebut kembali menuju kondensor. Di kondensor ini wujud Freon kembali berubah menjadi cair selain melepaskan panas yang telah diserap.
Pelepasan panas tersebut di bantu oleh air yang berupa butir-butir halur dan kipas yang terdapat di dalam kap mesin mobil. Penyaluran air ini di perbanyak guna mempercepat pelepasan panas. 

Namun setelah proses perubahan wujud gas ke cair ini, Freon tersebut di saring dahulu dari udara kotor untuk kembali ke proses awal dengan menggunakan dryer. Penghisapan ini di lakukan oleh kompresor.

 Jadi apabila kita menginginkan udara dingin lebih banyak, kecepatan blower harus di perbesar. Dan untuk menjaga kebersihan udaranya, di sarankan untuk melakukan pembersihan blower secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar